Sebut Nama “Dicolong”, The Day Before Ditunda ke November 2023

Reading time:

January 25, 2023

the day before1

Terlalu manis dan terlalu indah untuk bisa berujung menjadi produk komersial yang sesungguhnya, tidak mengherankan jika banyak gamer yang tidak percaya soal eksistensi game survival MMO dari developer bernama Fntastic – The Day Before. Apalagi mendekati tanggal rilis yang sempat mereka tentukan sebelumnya – Maret 2023, game ini tidak banyak berbagi detail baru. Masih ada begitu banyak hal yang jadi misteri, termasuk gameplay “mentah” yang sudah diminta oleh komunitas untuk waktu yang lama. Puncaknya? Ketika game yang satu ini tiba-tiba menghilang dari Steam begitu saja tadi pagi.

Hilangnya The Day Before dari Steam tentu memicu alarm yang lebih keras soal potensi bahwa game ini berujung menjadi penipuan besar. Berita baiknya? Tim developer  – Fntastic langsung mengeluarkan pernyataan resmi alih-alih diam seperti biasanya. Mereka mengaku bahwa hilangnya The Day Before dari Steam terjadi karena masalah merk dagang nama game tersebut yang ternyata oh ternyata, mereka sebut sudah didaftarkan oleh pihak lain. Pihak pemilik nama The Day Before ini berujung melakukan komplain ke game racikan Fntastic dan meminta sang developer menghubunginya.

Fntastic mengaku bahwa mereka masih dalam proses untuk menyelesaikan masalah ini. Oleh karena itu, mereka memutuskan dua hal. Pertama, mereka belum pasti merilis gameplay mentah yang sempat mereka janjikan sebelumnya karena fokus untuk menyelesaikan masalah ini. Mereka akan berkonsultasi dengan pengacara mereka lebih dulu sebelum melepas sang video gameplay. Kedua? Mereka memutuskan untuk menendang rilis The Day Before ke tanggal 10 November 2023 mendatang.

Seperti yang bisa diprediksi, komunitas sendiri terbagi mendengar pernyataan resmi ini, dari yang mendukung hingga yang merasa alasannya terasa mengada-ngada. Bagaimana menurut Anda?